Kapan Waktu Terbaik Untuk Meminum Kopi?


 Ngopi di pagi hari tuh emang moodbooster banget, sumber kebahagiaan. Baru bangun tidur, rasanya mata ogah melek kalau belum ngopi. Akhirnya, ngopi di pagi hari jadi kebiasaan deh. Apakah kamu juga termasuk penikmat kopi di pagi hari?

 Eh, tunggu dulu. Meminum kopi selepas bangun tidur di pagi hari memang nikmat, tetapi tahukah kamu bahwa itu adalah kebiasaan yang kurang sehat?

 Pagi buta bukanlah waktu yang ideal untuk ngopi


 Benar sekali, meminum kopi terlalu pagi bukanlah kebiasaan yang bagus. Sebab, pada waktu ini tubuh sedang memproduksi hormon kortisol, yang berfungsi meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan.

 Peningkatan hormon ini terus terjadi hingga mencapai puncaknya pada pukul 8 sampai 9 pagi. Sehingga, meminum kopi pada rentan waktu-waktu tersebut bukanlah hal yang bagus untuk tubuh.

 Jadi, kalau kamu berniat meminum kopi untuk menyegarkan pikiran setelah bangun tidur, sebaiknya tunggu dulu hingga pukul 9 pagi keatas, ya. Soalnya, waktu tersebut lebih efektif ketimbang terlalu pagi, baik untuk kesehatan tubuh maupun yang lainnya.

 Pertengahan hari juga bukan waktu yang tepat


 Selain pukul 08.00-09.00 pagi, puncak peningkatan hormon kartisol juga terjadi pada pukul 12.00-01.00 siang, serta pukul 05.30-06.30 sore. Sama halnya seperti di pagi hari, di waktu-waktu ini tubuh kita-manusia, sedang dalam tingkat konsentrasi dan kewaspadaan yang tinggi. 

 Artinya, meminum kopi pada waktu-waktu diatas adalah perbuatan yang agak 'sia-sia'. Lah kok bisa? Bukan, sia-sia disini bukan perbuatan dosa, koq. Maksudnya, mengonsumsi kafein di saat jam-jam tersebut kurang pas, sebab tubuh otomatis sudah 'membuat melek' dan menyegarkan pikiran.

 Lantas, kapan waktu terbaik untuk meminum kopi?

  
 Jadi, dapat disimpulkan bahwa meminum kopi di waktu-waktu yang telah disebutkan diatas bukanlah hal yang tepat. Sebaiknya, kopi diminum tepat setelah jam-jam dimana hormon kartisol meningkat, yaitu:
  •  Antara pukul 9 pagi hingga 11.30 siang.
  •  Pukul 1 siang hingga 5 sore.
 Di waktu-waktu inilah kafein dapat berfungsi secara produktif pada tubuh. Selain untuk menghindari tabrakan dengan puncak peningkatan hormon kartisol, meminum kopi di beberapa waktu tersebut juga bagus untuk meningkatkan tingkat fokus dan konsentrasi.

Bagaimana dengan malam hari?


 Nah, tadi kan yang pagi, siang sama sore tuh. Terus gimana dengan ngopi di malam hari? Pasti nikmat banget yah, ngopi anget-anget habis capek-capek  kerja atau sekolah seharian. 

 Sayangnya, meminum kopi di malam hari juga buruk untuk kesehatan. Kandungan kafein yang terdapat pada kopi dapat merusak pola dan kualitas tidur. Hal ini sudah banyak dibahas oleh para ilmuwan, dan tak ada yang berani membantah bahwa kopi sebelum tidur adalah penyebab utama gejala insomnia.

 Itulah dia waktu-waktu terbaik untuk meminum kopi. Usahakan untuk selalu meminumnya di waktu yang tepat, ya. 


 











Post a Comment

0 Comments