10 Negara Yang 'Demen' Banget Ngopi


 Budaya ngopi di negara kita memang khas sekali, tak pernah pudar dari generasi ke generasi. Hingga saat ini, ritual ngopi masih sangat digemari oleh masyarakat. Bahkan, tingkat pengonsumsi kopi di Indonesia menambah 7 persen di tahun kemarin, dan diperkirakan akan terus bertambah.

 Kalau itu di Indonesia, lalu bagaimana dengan negara-negara lainnya? Ternyata, antusiasme penduduk dunia pada kopi juga sangat besar, lho! Negara mana saja, ya? Yuk lihat dibawah ini!

10. Kanada


 Negara yang terletak di Benua Amerika utara ini terkenal dengan orang-orangnya yang ramah, suhu dingin yang bersahabat, serta lahannya yang begitu luas untuk ditinggali. Tak hanya itu, orang Kanada juga suka banget ngopi. Alasan terkuat ngopi adalah hobi mereka, tak lain dan tak bukan yaitu karena faktor cuaca.

 Fyi, musim dingin disana lebih lama dibanding negara-negara lainnya, lho. Makanya, rasanya gak heran kalau kopi jadi minuman hangat paling populer disana. Rata-rata, penduduk Kanada mengonsumsi 6.2-6.5 kg kopi per tahunnya.

9. Luksemburg

 Walau negaranya kecil nan mungil, Luksemburg tidak pernah kehilangan para pecinta kopinya. Mengapa bisa begitu? Sebab, sekitar 60 persen penduduk negara ini bekerja di luar kota bahkan negara, seperti Prancis, Belgia ataupun Jerman. Hal ini membuat mereka harus bepergian menggunakan kereta setiap harinya, sehingga kopi menjadi minuman favorit pelepas lelah di kantor. 

 Terlepas dari itu, harga biji kopi disana juga murah meriah jika dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya. Warga Luxembourg biasa meminum kopi sebanyak 6.5 kg dalam setahun.


8. Belgia 



Meskipun negara ini terkenal dengan budaya meminum bir yang kental, ngopi masih menjadi kegiatan favorit bagi sebagian besar penduduknya. Biasanya, mereka meminum 1.35 cangkir per harinya, sembari ditemani sepotong waffle hangat dengan balutan saus coklat dan potongan stroberi diatasnya. Kedengarannya nikmat sekali, ya?

 Tingkat konsumsi kopi di negara ini sedikit lebih banyak dari negara tetangganya Luksemburg, yaitu 6.8 kg per kapita dalam setahun.

7. Swiss


 Negara selanjutnya masih dari Eropa, tepatnya Eropa tengah. Yap, masyarakat Swiss atau Switzerland sangat menggemari  kopi. Mereka bisa meminum 2 sampai 5 cangkir kopi perhari, dan menghabiskan sekitar 20 hingga 50 dolar per minggu hanya untuk nongki-nongki asyik di kafe. Luar biasa, bukan?  Maklum, namanya juga negara serba mahal. Lagipula, budget segitu bagi mereka (mungkin) dianggap normal-normal saja.

 Kopi favorit mereka adalah 'kaffee-crème', yaitu sejenis espresso yang agak mirip dengan Americano. Kopi ini diklaim asli buatan negara tersebut. Adapun tingkat konsumsi rata-rata masyarakat per tahunnya, yaitu sekitar 7.9 kg per kapita. 


6. Swedia 


 Di Swedia, ada sebuah kebiasaan unik bernama 'Fika'. Secara harfiah, Fika berarti 'ngopi', atau ngumpul-ngumpul di waktu kerja untuk ngemil dessert dan meminum kopi. Gampangnya, Fika itu quality time nya orang Swedia. Kita bebas untuk bercengkerama, melepas lelah sembari menikmati hidangan ringan dalam kurun waktu yang relatif singkat. Kini, budaya unik ini sudah banyak ditiru masyarakat dunia.

 Rasa cinta orang Swedia terhadap kopi sangatlah besar, sehingga mereka bisa mengonsumsi hingga 8.2 kg bubuk kopi per tahunnya.

5. Belanda


 Masih di Eropa, nih. Negeri kincir angin ini juga memiliki budaya ngopi yang hampir mirip dengan Swedia. Kayak sejenis coffee break gitu, lho. Di sela-sela kesibukan kerja, mereka akan menyempatkan sedikit waktu untuk menyeruput secangkir kopi, atau biasa mereka sebut "Koffietijd". Kopi dihidangkan bersama-sama dengan biskuit dan cake, baik di rumah sendiri maupun di tempat kerja.

 Pada umumnya, masyarakat Belanda meminum 1.84 cangkir kopi per harinya. Jika ditotal, banyaknya bubuk kopi yang dikonsumsi per orangnya adalah sekitar 8.4 kg dalam setahun.

4. Denmark


 Pernah dengar julukan 'Negara terbahagia di dunia'? Well, itu tak lain adalah sebutan bagi Denmark. Kita dapat menemui banyak sekali kedai kopi yang tersebar di setiap sudut Denmark, khususnya di kota-kota besar seperti Copenhagen. Ini menunjukkan betapa besarnya rasa cinta warga negara ini terhadap kopi, mengingat musim dingin Skandinavia cukup menusuk tubuh.

 Cara penghidangan kopi mereka juga sama seperti negara-negara Skandinavia pada umumnya. Kopi hangat disajikan bersama biskuit, cake dan sandwich di setiap jam makan.

 Ngomong-ngomong soal harga, kopi disana termasuk yang termahal ke-6 di dunia, lho. Kamu harus rela merogoh kocek sebesar 34 krone atau setara 73 ribu rupiah hanya untuk secangkir cappucino. Meskipun begitu, masyarakat Denmark nggak segan-segan untuk ngeluarin duitnya cuma buat ngopi, bahkan mereka bisa menghabiskan 8.4 kg bubuk kopi per tahunnya.

3. Islandia 


 Satu lagi negara Nordik yang berjulukan Land of Ice and Fire, Islandia adalah salah satu negara pengonsumsi kopi terbanyak. Di negara yang waktu siangnya cenderung pendek ini, kopi adalah minuman favorit banyak orang sebagai peredam dari dinginnya suhu udara yang menusuk tubuh. Masyarakat Islandia bahkan bisa menghabiskan hingga 5 cangkir kopi per harinya!

 Uniknya, disana tidak ada gerai kopi paling fenomenal di dunia; Starbucks. Sebagai gantinya, kamu bakal dengan mudahnya menemukan kedai teh dan kopi di setiap sudut kota, berdekatan satu dengan lainnya. Begitu besarnya rasa suka orang Islandia terhadap kopi, sehingga mereka bisa mengonsumsi hingga 9 kg bubuk kopi per tahunnya. Jumlah yang sungguh masif, bukan?

 2. Norwegia


 Norwegia sungguh gila-gilaan dalam hal kopi-mengopi. Dalam setahun, mereka bisa menghabiskan hingga 9.9 kg bubuk kopi per kapita! Mau lihat buktinya? Datang saja ke Oslo, dan dalam sekejap kamu bisa tahu mengapa. Hampir seluruh kedai kopi disana buka 24 jam setiap hari, dan kamu akan selalu melihat orang yang sedang memegang segelas kopi di genggamannya.

 Kaffe, kopi khas Norwegia, pada umumnya disajikan pada waktu sarapan dan makan malam. Layaknya negara-negara benua Eropa lainnya, kopi dihidangkan bersama-sama makanan ringan atau dessert. Kopi hitam pekat adalah jenis yang paling best seller disana.

1. Finlandia 


 Selamat datang di negara pengonsumsi kopi terbanyak di dunia! Di Finlandia, meminum 8 sampai 9 cangkir kopi per hari adalah hal yang umum. Bagaimana bisa kebiasaan ini muncul? Jawabannya, kondisi cuaca adalah faktor utama. Pada musim dingin, suhu udara bisa mencapai minus 40 derajat celcius di bagian Finlandia utara, yang mana membuat banyak orang lebih memilih untuk berdiam diri di rumah sambil menghangatkan tubuh dengan menyeruput secangkir kopi hangat. Sedangkan, pada musim panas, es  kopi lebih populer ketimbang minuman-minuman dingin lainnya.

 Hal inilah yang membuat Finlandia dinobatkan sebagai negara yang paling mencintai kopi. Bagaimana tidak, dalam setahun jumlah bubuk kopi yang dihabiskan per kapitanya dapat mencapai 12 kg! Btw, 12 kg itu bukan jumlah terbanyak, ya. Bagi masyarakat Finland, jumlah segitu hanyalah angka mininum dari rata-rata tingkat konsumsi mereka. Benar-benar negara pecinta kopi sejati!

 Itulah dia negara-negara yang demen banget ngopi. Dari 10 list diatas, mana nih yang paling pengen kamu kunjungi?




Post a Comment

1 Comments