Ternyata, Ini Lho Manfaat Ampas Kopi Yang Jarang Diketahui!


 Biasanya, prosedur pembuatan kopi akan menghasilkan ampas kopi, atau yang biasa disebut letek oleh orang Jawa. Banyak orang menganggap bahwa ampas ini tidak berguna, sehingga mereka selalu membuangnya setelah selesai menyeduh kopi. Padahal tau nggak, kalau ampas kopi ternyata memiliki banyak sekali manfaat?

 Kamu mungkin bakalan berpikir dua kali sebelum membuang ampas kopi, setelah membaca hal-hal dibawah ini.

1. Membersihkan dan Melindungi Kulit

 Pada ampas kopi, terdapat partikel-partikel kasar yang dapat berfungsi sebagai penghilang kotoran dan sel-sel mati pada kulit manusia. Tidak hanya kulit wajah, lengan atau kaki, ampas kopi juga bisa membantu mengelupas kulit bibir yang kering.

 Sifat antioksidan yang terkandung di kafein juga dapat  membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat teriknya sinar matahari. Apalagi, ampas kopi bisa meningkatkan aliran darah, yang mana bisa menjaga kesehatan kulit. 

 Jadi, kalau kamu nggak punya uang buat beli produk-produk skincare, pakai ampas kopi aja. Caranya gampang, cukup campurkan ampas kopi dengan air atau minyak kelapa, terus usapin deh ke seluruh badan.

2. Menetralisir Udara Dari Bau Busuk

  Pernah nggak sih, merasa terusik oleh bau busuk dari benda-benda yang ada di rumahmu? Misalnya bau ikan busuk yang belum dibuang seminggu di kulkas, atau bau sepatu yang kebasahan gara-gara kehujanan waktu jogging sore. Pastinya sebel ya, secara bisa bikin hidung kempes dan nafsu makan menurun. 

  Tapi tenang saja, bau-bau busuk tersebut ternyata bisa dibasmi oleh ampas kopi, lho! Soalnya, di ampas kopi terkandung nitrogen, yang dapat membantu menyerap dan menghilangkan gas sulfur berbau busuk di udara.

 Cara penerapannya mudah banget. Kamu cukup meletakkan ampas kopi tersebut dalam suatu wadah seperti mangkuk, pot ataupun yang lainnya. Lalu taruh di tempat-tempat berbau busuk tadi. Dijamin deh, baunya bakal hilang dalam sekejap!

 3. Menyuburkan Tanaman 

  Buat kamu yang hobi berkebun, sudah pastikan tanamanmu tumbuh dengan subur? Banyak cara yang dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman, salah satunya adalah dengan memberikan micin pupuk. 

 Tahu nggak sih, selain pupuk, ampas kopi juga dapat berperan sebagai penyubur tanaman lho! Kok bisa? Sebab, ampas kopi mengandung nitrogen, kalsium, kalium, besi, fosfor, magnesium, dan kromium yang bagus untuk pertumbuhan tanaman. Selain itu, mineral-mineral tersebut dapat pula menyerap logam berat yang dapat mencemari tanah.

  Metode penggunaan ampas kopi sebagai alternatif pupuk ini sudah banyak digunakan, sebab dianggap simpel dan efisien. Cukup taburkan sejumlah bubuk ampas kopi ke tanah, maka siap-siap saja terkaget melihat perkembangan tumbuhanmu!

4. Pengusir Serangga 

  Siapa sih yang nggak terganggu sama serangga-serangga usil yang suka menyelinap ke dalam rumah? Kayak nyamuk, lebah ataupun tawon. Pastinya terganggu banget, ya. Apalagi bagi yang tinggal di dekat kebun atau sawah. 

 Nah, buat kamu yang bingung bagaimana cara mengatasinya, bisa gunakan ampas kopi. Senyawa kafein dan diterpen yang terkandung di dalamnya sangatlah beracun bagi serangga.

 Caranya mudah, kamu tinggal menaburkan bubuk ampas kopi di tempat yang diinginkan. Misalnya di teras, luar jendela dan lain-lain.

 Bahkan, bukan cuma serangga, hama-hama pun akan ketakutan jika kamu taburkan ampas kopi pada lingkungan sekitar tanamanmu.


5. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

 Punya masalah dengan pertumbuhan rambut? Sebuah studi menemukan bahwa ampas kopi juga dapat membantu merangsang perkembangan rambut manusia, lho. Artinya, menggunakan ampas kopi sebagai alternatif sampo merupakan pilihan yang tepat. Terlebih, jika seandainya kamu belum menemukan jenis sampo yang cocok untuk rambut menawanmu.

 Untuk cara penggunaannya, sama saja dengan sampo. Ambil segenggam bubuk ampas kopi, lalu usap dan pijat-pijat selama beberapa menit. Terus bilas, deh. Biar hasilnya maksimal, lakukan ini satu sampai 2 kali per minggu ya, sebelum keramas.

   Itulah beberapa manfaat dari ampas kopi yang jarang diketahui. Siapa sangka, ternyata selain dijadikan minuman, kopi juga memiliki banyak fungsi yang cukup berguna di kehidupan sehari-hari.  

 Lain kali, jika kamu membuat kopi dan menyisakan ampasnya, lebih baik jangan dibuang. Kan sayang, kalau nggak diterapkan ke salah satu ide diatas.
 


 



Post a Comment

0 Comments