6 Manfaat Meminum Kopi Yang Jarang Diketahui Orang


 Halo para penggemar kopi! Buat kamu yang sering banget ngopi, pastinya tahu dong kalau kopi itu memang jagonya dalam hal mengusir kantuk. Minuman nikmat ini memang mengandung kadar kafein yang tinggi, sehingga membuat siapapun dapat terjaga dalam waktu yang cukup lama. Karenanya, kopi menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang sibuk ngantor sampai harus ngelembur, atau sekedar pelengkap dalam bercengkerama bersama teman di akhir pekan.

 Selain mengusir kantuk, kafein juga dapat menambah energi. Seperti yang dapat kita lihat dalam minuman-minuman bersoda dan berenergi. Bahkan, kafein juga terdapat dalam obat-obatan.

 Tetapi, kafein dalam kopi bukanlah zat yang ditambahkan, melainkan memang tumbuh secara alami dalam tanamannya. Sehingga, rasa yang dihasilkan pun lebih natural.

 Nah, jika kamu mengira bahwa kopi hanya dapat mengusir kantuk karena kandungan kafeinnya, kamu salah besar. Nyatanya, minuman mainstream ini memiliki banyak manfaat, seperti yang dapat dilihat di bawah ini.

1. Menurunkan Resiko Penyakit Alzheimer Hingga 65%


 Tahu penyakit alzheimer? Bisa disebut pikun, tapi dalam tingkat yang lebih parah. Alzheimer adalah penyakit otak yang rata-rata menyerang lansia diatas 65 tahun. Gejala-gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini bermacam-macam, seperti penurunan daya ingat, perubahan perilaku, serta kemampuan berpikir dan berbicara. 

 Ngerinya, alzheimer (sementara ini) belum bisa disembuhkan, alias belum ada obatnya. Tapi tenang saja, penyakit ini bisa dicegah, kok.  Salah satu pencegahnya adalah kopi. Ya, benar. Dari studi yang diterbitkan oleh European Journal of Neurology, kopi dipercaya mampu mencegah penumpukan plak-plak di otak, yang mana merupakan penyebab timbulnya penyakit alzheimer.

2. Meningkatkan Kecerdasan


 Ngopi bisa bikin tambah pintar? Apa benar? Jadi begini, kandungan kafein pada kopi akan menyebabkan efek stimulan setelah kamu meminumnya. Efek ini akan membuat suasana hati, energi dan fungsi otak meningkat. Hal inilah yang membuat otak menjadi lebih aktif bekerja, sehingga memori atau ingatan dapat berfungsi dengan baik. 


3. Menurunkan Berat Badan


 Bagi kamu yang lagi diet atau punya masalah dalam menurunkan berat badan, meminum kopi adalah cara yang tepat dan menyenangkan. Kandungan kafein kopi dapat meningkatkan tingkat metabolisme pada tubuh manusia, serta meningkatkan pembakaran lemak. Inilah alasan mengapa kafein juga terkandung dalam hampir semua suplemen penurun badan. 

 Namun, kopi sebagai minuman diet juga harus diperhatikan takaran penyajiannya. Sebaiknya hindari gula, karena apa gunanya jika diet tapi kalori malah semakin bertambah? Kopi yang sehat adalah kopi yang tidak ditambahkan pemanis apapun.


 4. Menambah Energi dan Stamina

  
Seperti yang sudah dijelaskan tadi, meminum kopi dapat membuat kita menjadi lebih bernergi dan bersemangat. Kerennya, kafein ternyata juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, kekuatan otot, serta mengurangi rasa sakit saat berolahraga. Bahkan, kopi juga dapat melawan rasa lelah, sehingga kamu bisa berolahraga dalam jangka waktu yang lebih lama.


5. Menjaga Kesehatan Hati


 Hati adalah organ tubuh manusia yang memiliki banyak fungsi penting, seperti membuang racun, menjaga kekebalan tubuh, tempat pengangkutan oksigen, dan masih banyak lagi. Saking pentingnya, organ satu ini menjadi rentan untuk terkena berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah penyakit sirosis, yaitu penyakit yang dapat membuat kinerja hati terganggu atau bahkan terhenti. Ngerinya lagi, penyakit ini nggak bisa disembuhkan, lho.

Menariknya, kopi ternyata dapat mencegah dan melindungi hati dari penyakit sirosis. Orang yang meminum kopi sehari-hari dapat mengurangi resiko penyakit ini hingga 80% dibandingkan mereka yang tidak.

 

6. Mengurangi dan Mencegah Stres


Siapa sih yang nggak suka tekanan akibat banyaknya beban pikiran ketika bekerja? Apalagi jika sampai berujung stres. Syukur-syukur nggak sampai depresi, ya. Nah, kopi hadir untuk mengatasi semua masalah itu. Sebuah penelitian menemukan bahwa dengan meminum kopi secara rutin, resiko stres atau depresi dapat dikurangi. Jadi, jangan lupakan secangkir kopi di pagi hari sebelum berangkat kerja atau sekolah ya, agar harimu menjadi lebih bahagia.

 Itu dia 6 manfaat dari meminum kopi. Siapa sangka, ternyata minuman yang sering dianggap buruk bagi kesehatan ini ternyata memiliki banyak manfaat. Jadi, selalu ingat untuk mengawali harimu dengan meminum kopi ya.

 





 

 



 

 

Post a Comment

0 Comments