5 Rekomendasi Tempat Ngopi Seru di 'De Kleine Switzerland'

instagram.com/novanirza

 Pernah menginjakkan kaki di kota ini? Bukan, ini bukan beneran di Swiss kok, gans. Lokasinya yang berada di dataran tinggi, potensi wisata alamnya yang luar biasa, serta keapikan panorama landscapenya kerap membuat orang-orang Eropa menjuluki kota ini "De Kleine Switzerland" yang artinya Swiss kecil di Pulau Jawa. Inilah Kota Wisata Batu!

 Berada pada ketinggian 700-2.000 meter diatas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata yang mencapai 11-19 derajat celcius, Kota Batu merupakan salah satu tempat yang sempurna untuk ngopi sambil bercengkerama bersama teman, menikmati indahnya lansekap pegunungan. 

 Posisinya juga tidak terlalu jauh dari pusat Kota Malang, hanya berjarak sekitar 17 km. Tentunya pas banget buat kamu yang jenuh oleh padatnya aktivitas di perkotaan, untuk sekedar menghirup udara segar khas dataran tinggi.

 Lokasinya yang strategis membuat banyak munculnya tempat-tempat ngopi yang keren dan kece di seluruh pelosok kota, gans. 

 Seperti yang telah penulis rangkum dalam beberapa rekomendasi dibawah ini.

1. Kopi Letek

instagram.com/kopiletek

 Salah satu tempat nongkrong yang paling populer di Kota Batu, Kopi Letek. Kedai kopi ini terletak persis di depan alun-alun Kota Batu, membuatnya menjadi tempat yang strategis untuk didatangi.

 Walau hanya memiliki lebar sekitar 2 meter dan tinggi 10 meter, kedai mungil ini tak pernah sepi pengunjung, gans. Konsep tempat yang hemat ruang ini justru menjadi keunikan sendiri diantara gedung-gedung lain yang mengapitnya.

 Highlight kedai ini ada pada rooftopnya di lantai 4, dengan viewnya yang terbuka luas sejauh mata memandang.

dok. pribadi
 Menu yang ditawarkan cenderung beragam dan terjangkau. Termasuk menu andalan mereka, yaitu kopi letek yang ditawarkan dalam varian panas dan dingin. 

 Waktu senja adalah saat yang paling tepat untuk mengunjungi kedai ini, gans. Kamu bisa melihat indahnya pemandangan langit sore diatas pegunungan yang mengelilingi Kota Batu, sambil menyeruput kopi khas rumahan. Dijamin deh, kamu bakalan dibikin betah disini.

2. Janus Coffee and Library

instagram.com/januscoffee
  Masih dalam suasana hiruk pikuk alun-alun, kafe yang satu ini bertempat tidak jauh dari Kopi Letek. Cukup berjalan beberapa meter, kamu bakal menemukan kafe keren ini yang lokasinya ada di sebelah timur alun-alun Kota Batu. 

 Disini, kamu bakal merasakan hangatnya suasana ngopi ditengah ramainya aktivitas di pusat kota, dengan nyamannya interior dalam kafe yang mengusung desain modern minimalis.

 Selain kopi, mereka juga menawarkan perpustakaan mini yang ada di lantai 2. Buku-buku yang tersedia terdiri dari berbagai macam genre dan bisa kamu baca secara gratis. Bagi kamu para pecinta buku sekaligus kopi, tempat ini cocok banget untuk dikunjungi!

instagram.com/kirananindya_

  Macam menu kopi yang disuguhkan juga lengkap, mulai dari espresso sampai americano, semua tersedia disini. Terdapat pula biji kopi premium yang berasal dari perkebunan-perkebunan di Indonesia seperti Aceh Gayo dan Toraja yang bisa kamu nikmati. 

 Selain minuman, tentunya terdapat juga pilihan dessert yang bervariasi, untuk menemani kopi dan bukumu. Mereka juga menjual kopi bubuk dalam kemasan dengan harga yang terjangkau.

 Konon, kafe yang buka setiap pukul 11.30 siang dan tutup pukul 11.30 malam setiap harinya ini pernah didatangi Chicco Jerikho dkk, lho. Tahu mereka, kan? Siapa lagi kalau bukan pemeran film hits Filosofi Kopi!

3. Cokelat Klasik Cafe and Garden

instagram.com/anang_sh95

 Jika kamu adalah seorang cafe hunter sejati yang sering berkelana mengelilingi kota, pasti sudah tak asing lagi dengan Cokelat Klasik. Brand minuman cokelat satu ini memang nggak ada matinya. Dari 24 kota yang ada di Indonesia, Cokelat Klasik Cafe cabang Batu merupakan salah satu yang terbaik dan paling baru.

 Desain bangunannya unik, bagaikan gedung yang beratapkan langit. Konsepnya sama seperti Kopi Letek, rooftop adalah nilai utama dari kafe ini. Dari sini, view yang disuguhkan begitu terbuka dan luas. Kamu bisa melihat Gunung Panderman dan sekitarnya dengan sangat jelas di waktu siang, dan gemerlap lampu penduduk kota Batu di waktu malam.

 Soal menu, jangan tanya lagi deh, gans. Ice/hot chocolate coffe mereka memang nggak ada tandingannya. Selain minuman cokelat, terdapat juga beberapa macam menu lain yang cukup lengkap. Harga yang ditawarkan lumayan beragam, sedikit lebih mahal dari outlet-outlet Cokelat Klasik lainnya. Tapi berkujung ngopi disini worth it banget kok, gans!

 Kafe kece yang nggak pernah sepi ini terletak di belakang Balai Kota Among Tani. Buka dari pukul 10 pagi sampai dini hari.

4. Pupuk Bawang Cafe & Dining

instagram.com/indanurfarida

 Berjarak hanya beberapa meter dari Cokelat Klasik Cafe, yaitu di Jl. Panglima Sudirman No. 116. Tempat nongkrong satu ini pas banget buat kamu yang senang dengan suasana outdoor dan cozy. Lagi-lagi, disini kamu bisa menikmati lansekap Kota Batu.

 Tema yang diusung kafe sekaligus restoran ini benar-benar santai dan cozy, dengan adanya bean bag chair atau kursi malas yang empuk dan nyaman untuk digunakan duduk ataupun bersandar. Meja dan kursi yang dihadapkan langsung ke arah perkebunan seledri yang membentang luas, membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama disini.

 Menu yang tersedia juga banyak banget macamnya, secara tempat ini merupakan restoran dan kafe kelas menengah keatas. Harga yang ditawarkan juga tidak main-main. Jadi kalau mau kesini, siapkan budget yang cukup, ya. Tenang saja, pasti terbayarkan kok dengan cita rasa makanan dan viewnya yang ciamik.  


5. Point Cafe, Indomaret

dok. pribadi

 Nah, setelah beberapa tempat diatas, rasanya kurang afdol kalau nggak masukin tempat ngopi yang juga populer ini. Bertempat di Indomaret Trunojoyo, Point Cafe merupakan pilihan yang tepat bagimu yang nggak punya banyak waktu dan budget. 

 Seperti cabang Point Cafe lainnya, mereka menyediakan kopi segar dalam harga yang terjangkau dan pelayanan yang cepat. Mungkin itulah alasan kenapa minimarket sekaligus rest area ini selalu ramai.

 Hanya dengan 10 ribu rupiah saja, kamu sudah bisa menikmati secangkir coffee latte dan beberapa minuman lainnya. Seringkali juga terdapat promo, seperti buy one get one. 

 setarbak ala-ala

 Meskipun murah meriah, sensasinya sama kok dengan kafe-kafe kelas atas. Rasa segar dari kopi premium ini cukup membuat pikiran dan hati lega tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Terdapat pula fasilitas free Wi-Fi dengan koneksi yang cukup kencang.

 Kamu juga membeli beberapa camilan untuk teman ngopi yang tersedia secara lengkap disini, seperti donat dan roti. Tentunya dengan harga yang affordable juga, gans.

 Jika kamu adalah seorang pelajar atau pekerja yang tidak memiliki waktu banyak untuk ngopi di rumah, maka disini adalah tempat yang tepat untuk ngopi sebentar sebelum memulai aktivitas. Tenang saja, tempat ini buka 24 jam, kok.

  Sebenarnya, masih banyak sekali tempat ngopi yang seru di kota sejuta wisata ini. Mulai dari daerah desa, kota sampai pegunungan, tersebar berpuluh-puluh warkop dan kafe yang memiliki keunikannya sendiri-sendiri, Batu memang luas sekali.

 Kalau kamu adalah seorang wisatawan atau warga lokal yang pernah atau sering hunting cafe di Kota Batu, yuk share tempat ngopi dan nongkrong favoritmu di kolom komentar!



  


 

 





 



 

Post a Comment

0 Comments