6 Tips Buat Bikin Foto Kopimu Jadi Lebih Asik Nan Artistik!


 Kopi dan kamera adalah dua hal yang paling susah untuk dipisahkan, gans. Kok bisa?  Soalnya, bagi saya pribadi dan kebanyakan orang, kopi adalah objek fotografi yang paling enak buat difoto. Teknik pengambilan gambar seperti ini biasanya disebut "coffeetography".


 Apalagi, sekarang sudah banyak sekali fotografer yang berprofesi sebagai "pemotret kopi". Beberapa dari mereka bahkan dibayar besar, lho, hanya untuk memotret secangkir kopi. Tentu saja foto yang dihasilkan juga tidak main-main.

 Tapi, sebenarnya memotret objek yang satu ini tidak terlalu susah, kok. Tidak memerlukan skill atau kemampuan yang khusus. Tidak memerlukan kamera yang bagus dan mahal, pakai kamera smartphone juga bisa.
 
Tinggal cari tempat dan sudut yang pas, atur posisi objek sebaik mungkin, lalu foto deh.

 Tapi bukan itu aja, masih ada banyak lagi cara buat mengambil gambar dari sebuah minuman paling fenomenal yang satu ini.

 Berikut beberapa tips buat agans dalam memfoto objek kopi.

1. Ambil Foto di Saat Pagi atau Sore Hari

 

 

 Dalam fotografi, pencahayaan dan bayangan objek sangat bergantung besar pada kualitas foto yang dihasilkan, gans. Untuk bisa menghasilkan komposisi yang pas, harus ada kondisi cahaya matahari yang mendukung. Makanya, waktu yang paling tepat untuk mengambil foto adalah ketika di saat
fajar atau senja. Dimana di waktu-waktu ini cahaya matahari tidak terlalu terang dan menyilaukan, sehingga komposisi objek bisa terlihat sempurna.

2. Edit Foto dengan Filter yang 'Moody'

 

 Filter moody atau filter bernuansa gelap ini merupakan yang paling umum dan sering digunakan para fotografer untuk mengedit foto mereka. Tone yang digunakan tidak terlalu menonjolkan warna dan cahaya. Ini berguna untuk membangun atmosfer yang identik dengan suasana ngopi yang cenderung kelam dan tenang. Pokoknya, filter ini paling cocok buat menambah keartistikan fotomu, gans.

3. Tambahkan Sejumlah Objek Lainnya

 

 

 Ternyata, menaruh beberapa benda-benda lainnya di sekitar objek juga bisa membuat foto kita terlihat lebih profesional lho, gans. Benda-benda ini juga bisa digunakan untuk mengekspresikan kepribadian kita. Biasanya, benda yang paling sering digunakan untuk menambah tingkat kerapian foto adalah majalah atau koran, buku, laptop dan smartphone. Tapi, usahakan untuk tidak memakai terlalu banyak benda ya, gans. Bisa mengganggu keindahan sang kopi nantinya.

4. Libatkan Tangan Dalam Foto

 

 

  Hands in frame adalah salah satu jenis foto yang melibatkan tangan manusia didalamnya. Kesan yang diberikan oleh teknik foto ini adalah kelihatan lebih personal, serta menunjukkan kekompakan atau kebersamaan. Kamu bisa melibatkan tanganmu sendiri atau teman dalam foto. Untuk angle foto umumnya diambil dari atas.

 5. Bermainlah dengan Bayangan


  
 Shadow play atau teknik memadukan objek dengan bayangan suatu benda, bisa membuat fotomu menjadi lebih menawan. Caranya, letakkan kopi di dekat jendela atau tempat yang memiliki pencahayaan matahari yang natural. Pastikan cahaya yang masuk dapat membuat objek kopi memiliki bayangan yang halus dan pas. Teknik ini tentunya bisa menambah tingkat keaestetikan fotomu, gans.

6. Latte Art yang Menawan


Kalau kamu pergi nongkrong ke kafe dan bertujuan buat hunting foto, maka pesanlah coffee latte.  Percayalah, latte art sangat berperan besar dalam menentukan tingkat keelokan dan kemewahan sang kopi, gans. Walau harganya agak sedikit mahal dari menu lainnya, sih. Soalnya, proses pembuatannya memang lumayan sulit. Bahkan, seni melukis latte kini sudah banyak dilombakan lho!

 Nah, itu dia beberapa tips untuk memotret kopi.

 Jangan pernah takut untuk selalu bereksperimen dan mencoba hal-hal baru dalam coffeetography ini ya, gans.

 Salam hangat.

 

 

 




Post a Comment

0 Comments