Bagaimana Rasanya Ngopi Di Kedinginan -46 Derajat Celcius?

sprudge.com
 Kita semua tahu kalau kopi itu ada untuk menghangatkan, gans. Entah pada hawa dingin pagi hari yang begitu menusuk, di tengah derasnya hujan yang begitu lebat, ataupun saat berkemah di puncak gunung-kopi selalu jadi minuman penghangat terbaik untuk meredam rasa menggigil. 

  Lain lagi halnya dengan es kopi, yang tentunya lebih cocok sebagai penyegar di hari yang panas. Terutama bagi masyarakat yang hidup di negara beriklim tropis seperti kita, dimana musim panas adalah musim abadi yang berjalan di setiap hari, setiap tahunnya. 

  Lalu bagaimana jika kedua hal itu dibalik? Bagaimana rasanya meminum es kopi di hawa yang sangat-sangat dingin? 

 openpaper.com

 Kejadian unik ini terjadi di Chicago. Tepatnya pada awal bulan Januari kemarin, musim dingin yang melanda benar-benar ekstrim. Fyi, suhu udaranya bisa sampai -46 derajat celcius, gan! Gila banget, kan. Bahkan, disebutkan bahwa suhu tersebut melebihi suhu udara Antartika di kala musim dingin, lho. Lantas, bagaimana peristiwa ini bisa terjadi? 

 Peristiwa ini disebut Polar Vortex, yaitu sebuah fenomena alam berupa pusaran kutub yang mengakibatkan berhembusnya cuaca dingin dari kutub utara dan selatan menuju kawasan Amerika Serikat.

 Gara-gara Polar Vortex, banyak sekolah-sekolah dan kantor-kantor yang diliburkan. Air terjun Niagara sampai membeku. Air mendidih bisa jadi es seketika. Rel kereta terpaksa dibakar agar salju mencair. Banyak sekali peristiwa-peristiwa aneh dan unik yang terjadi.

 Tapi yang paling unik adalah, ketika orang-orang disana masih nekat untuk keluar rumah, hanya demi membeli secangkir kopi di kedai terdekat. Apalagi, kopi yang dipesan bukan kopi panas, melainkan es kopi!

 Mungkin bagi sebagian orang, hal ini terdengar tidak masuk akal. Bagaimanapun, di cuaca sedingin itu, meminum kopi panas adalah pilihan terbaik. Namun, bagi para pecandu kopi akut, suhu serendah itu tidak akan menghentikan mereka dari rutinitasnya-meminum es kopi.

 Yang jadi pertanyaan, apakah aman untuk mengonsumsi minuman dingin di tengah cuaca seekstrim ini? 

 Menurut penjelasan seorang dokter bernama Michael Finkelstein, Jika kita meminum minuman dingin ketika kita merasa kedinginan atau meminum minuman panas ketika kita merasa kepanasan, tubuh akan mengeluarkan keringat yang mana akan menurunkan panas tubuh. 

 Jadi, boleh-boleh saja meminum minuman dingin di tengah cuaca yang dingin pula, asalkan tubuh terjaga untuk tetap hangat, yaitu dengan memakai pakaian atau selimut tebal. 

 thebillfold.com

  Orang Chicago emang edan-edan, euy. Beda banget ya, sama di Indonesia. Sudah udaranya gerah, minumnya kopi panas lagi. Makanya, bagi masyarakat negara beriklim tropis seperti kita, iced coffee is the best choices!


 Terima kasih kepada Sprudge: https://sprudge.com/the-polar-vortex-didnt-stop-people-from-drinking-iced-coffee-140142.html

 

 

 

 

Post a Comment

0 Comments